Monday, April 13, 2020

Paskah

Bertahun - tahun gue merayakan paskah dengan peringatan yang begitu gamblang bahwa Yesus Kristus bangkit dari maut menggantikan manusia menanggung segala dosa. Tapi mengapa Yesus begitu didambakan? Mengapa martirnya begitu spesial dibanding nabi lain?

Setelah sekian lama gue baru menyadari dan memahaminya. Bahwa rentetan sejarah alkitab berulang dan berperkara kian hebat. Semua tahu bahwa Abraham mengorbankan anaknya yamg sulung atas perintah Tuhan, lalu korban itu diganti dengan domba jantan oleh Allah kemudian anak sulungnya terselamatkan. Pun begitu sejarah berulang Musa harus mengorbankan domba jantan terbaik tanpa cacat lalu darah dombanya ditempeli pada pintu agar anak sulung tiap bangsa Israel selamat dari tulah Tuhan dan begitulah Tuhan perintahkan Israel untuk memeringati hari itu sebagai paskah.

Yesus anak domba Allah, sungguh membingungkan julukan anak domba bagi Kristus tapi begitulah perannya. Sebab maut tidak akan melewati satu orang pun kecuali yang di dalamnya terdapat darah anak domba jantan terbaik. Itu lah kekristenan, itu lah injil, itu lah kabar baiknya. Lalu Kristen memperingatinya sebagai paskah dan keselamatan itu sama nyatanya saat sulung Abraham dan sulung tiap - tiap bangsa Israel diselamatkan. Selamat Paskah bagiku dan bagimu teman! DIA hidup jadi kita masih punya hari esok! God bless.

No comments:

Post a Comment