Sunday, May 6, 2012

Musik Etnis Indonesia

Beberapa saat ini gw kembali tertarik sama musik ini, setelah Dream Theater membuat  gw  terkagum - kagum dengan progressive-nya.. Gw kembali teringat ke masa gw mulai menemukan jati diri musik yang gw sukai, dimana gw merasa puas dengan nada - nadanya. Awalnya gw mendengarkan banyak jenis musik tapi gw kurang mengerti dan merasa kurang, musik bagi gw bukan sekedar lirik seperti yang dijual di pasar musik saat ini.

Ketika kebutuhan musik bagi gw menjadi suatu hal yang lebih, namun tidak negatif. Jika perut lo butuh makan, maka jiwa lo pun perlu dan Tuhan menciptakan nada - nada indah itu untuk memenuhinya. Ok intinya begini, malam itu ketika gw masih bersekolah di SMP (gw lupa kelas berapa itu), seperti biasanya tidur larut untuk mencari film -  film yang menghibur. Hingga gw berhenti di satu channel yang menampilkan review Jakjazz, jazz adalah musik baru bagi gw saat itu. Tepat sekali sebuah band menampilkan musik etnis indonesia yang mereka padukan dengan jazz. Sial! Lagu itu membuat gw nyaman. Semenjak malam itu gw jatuh cinta sama jazz.

Sampai hari ini gw masih belum tau band apa itu, tapi gw mempunyai feeling Discus Band lah yang tampil malam itu. Tepatnya mereka membawakan suatu lagu dari dataran Sunda karena gw ingat sekali itu dikatakan oleh vokalis mereka. Terbuka pikiran gw bahwa musik Indonesia ini bukan musik kuno lagi, nada - nada etnis itu bisa menjadi sangat modern dan berkelas namun keramahan desa tetap terasa. Dan menjadi penyesalan bagi gw ketika musisi - musisi Indonesia terlalu sedikit yang meminati bidang tersebut.

Gw tidak hanya mengatakan jazz yang dipadukan dengan musik etnis ini, nyatanya musik Rock, R'n'B, Rap atau musik modern lainya  pun akan sangat sempurna juga. Ketika jati diri musik bangsa ini mulai hilang, termakan oleh musik - musik kpop atau melayu. Bodohnya ketika musik - musik itu diklaim oleh negara tetangga maka kita akan marah, padahal kita senang sekali menyanyikan lagu melayu dan melupakan musik kita sendiri. Gw berharap akan bertambah musisi - musisi indonesia yang mulai berpikir modern dan cerdas sehingga mau mengembangkan musik etnis Indonesia ini.


No comments:

Post a Comment